HMJ Pendidikan Matematika Launching SEARCHMACCA

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar yang bekerjasama dengan SEAAM, menggelar Launching  Lomba Karya Tulis Ilmiah Se-Asia Tenggara dengan mengusung tema “Mathematics Innovations of Golden Generation in A New Era of Knowledge ang Technology”, Sabtu, 15/08/2020

Kegiatan Launching SEARCHMACCA (Southeast Asia Student Research Competition on Mathematics Education) 2020 tetap bisa dilaksanakan meski di tengah pandemi Covid-19, tepatnya di Hotel Harper, Makassar dan juga melalui media virtual Zoom. Kegiatan yang diadakan di hotel tersebut hanya dihadiri oleh beberapa pihak dari HMJ PMTK dan SEAAM dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Ketua HMJ PMTK, Pak Ismail Suardi Wekke (pihak SEAAM), Ketua Jurusan Pendidikan Matematika UINAM, Sekjen IKAHIMATIKA (Wil. VI), serta salah satu alumni terbaik Pendidikan Matematika, Ayunda Resky Dwiyanti Yakub, S.Pd turut mewarnai rangkaian acara pada malam hari ini.

Saudara Akmal Riswandi selaku Ketua HMJ PMTK menjelaskan bahwa terdapat satu program kerja besar dari himpunan yang tiap tahun diadakan, yaitu ARITMATIKA Se-Sulselbar. Namun, karena pemerintah tidak mengizinkan adanya kegiatan serupa disebakan oleh pandemi ini, maka mereka berinisiatif untuk mengadakan kegiatan yang lain. Oleh karena itu, hadirlah SEARCHMACCA ini yang merupakan kegiatan pertama kalinya diadakan se-Asia Tenggara.

Bapak Nursalam, S.Pd., M.Si,  selaku Ketua Jurusan Pendidikan Matematika UINAM menyatakan bahwa “Ini adalah sebuah kehormatan bagi kami khususnya di jurusan Pendidikan Matematika dengan pelibatan para mahasiswa kami di jurusan untuk turut di dalam kegiatan LKTI antar mahasiswa se-Asia Tenggara (SEARCHMACCA) yang sifatnya internasional ini”. Beliau juga berharap  semoga di kegiatan tersebut dapat melahirkan ide-ide atau gagasan-gagasan yang luar biasa terkait dengan penelitian atau hal-hal dalam rangka penyelesaian masalah yang sifatnya global atau masalah sehari-hari.

Tidak terkhusus bagi mahasiswa Matematika, namun kompetisi ini dapat diikuti oleh semua jurusan (umum) S1.