Tips tetap Produktif Dimasa Pandemi Buat Mahasiswa

Corona Virus Desease (Covid-19) atau yang akrab disebut dengan corona atau korona adalah sejenis virus yang konon katanya amat mematikan sehingga memaksa Negara-negara di dunia untuk bertransformasi disegala sector, tak terkecuali pula dengan negeri kita tercinta ini.

Work from home atau bekerja dari rumah menjadi solusi terbaik yang ditawarkan oleh sector-sektor pekerjaan dengan tujuan terjaga dari pandemi ini. Dunia akademik juga merupakan salah satu sector yang terdampak dan merumahkan segala aktifitas, baik bagi siswa, mahasiswa, guru maupun dosen.

Tentunya ini menjadi tantangan tersendiri. Bagi sebagian mahasiswa transformasi model bekerjanya menjadi serba digital bisa saja menurunkan produktifitas akibat kebiasaan lama yang lebih cenderung bekerja secara langsung.

Nah, unutk-sobat-sobat mahasiswa lio, mimin membagikan beberapa tips buat kalian yang lagi bekerja atau belajar dari rumah biar produktifitasnya sebagai mahasiswa tetap berjalan dengan baik.

  1. Merencanakan Kegiatan

Nah yang paling pertama nih sobat, cobalah merencanakan kegiatan dengan baik. Hal ini bertujuan agar kegiatan-kegiatanmu bisa tertata rapi, selain itu penggunaan waktumu lebih baik, dan lebih penting lagi dengan adanya rencana ini maka dapat diukur seberapa produktif kamu di masa pandemi ini.

  1. Menyiapkan Tempat Belajar/Bekerja Yang Nyaman

Tempat yang nyaman pastinya sangat berguna untuk meningkatkan keinginan belajar atau bekerja. Mulailah dengan menyiapkan tempat yang nyaman semisal kursi ataupun meja serta peralatan belajar yang luwes dan lancer digunakan, terkadang peralatan yang tidak memuaskan akan membuat kita kehilangan semangat belajar atau bekerja loh sobat.

  1. Membaca, Menulis, Berkresi

Membaca, menulis, dan berkreasi dapat menjadi pilihan terbaik dimasa pandemic agar tetap produktif. Belajar dari rumah dengan perangkat online tentunya tidak terlalu menyita banyak tenaaga sehingga selain aktifitas pekerjaan atau perkuliahan maka dapat juga diselingi dengan membaca, bahkan kamu dapat menulis karya-karya literasi loh sobat, semisal essay, cerpen, puisi atau sebagainya. Selain lebih produktif, itu bisa menjadi penambah wawasan sekaligus mengasah dan lebih mempertajam kemampuan.

  1. Mendengarkan Musik

Bagi kalian yang menyukai musik, bisa menjadi pilihan utuma buat menjaga konsentrasi agar tetap stabil. Salah satu yang wajib kalian coba adalah musik-musik instrumental, lirik-lirik lagunya akan menjadikan pikiran jernih dan membuat suara-suara disekitarnya tenggelam sehingga perhatian akan terpusatkan.

  1. Menjaga Kesehatan

Meskipun belajar/bekerja dari rumah, sobat sekalian harus tetap menjaga tubu agar sehat dan fit. Hal yang dapat dilakukan yaitu menjaga pola makan serta jam tidur yang teratur, karena apabila kondisi kesehatan baik, maka pikiran akan menjadi jernih pula sehingga tetap bisa produktif di masa pandemi ini.

Nah itulah tips-tips yang dapat sobat lakukan dirumah agar tetap menjaga produktifitasnya, jangan lupa untuk menjaga hatinya juga sobat, sebab dari hati yang senang, pekerjaan akan terasa mudah untuk dilakukan. Terakhir nih sobat, bagi yang suka nulis boleh mampirkan tulisannya di laman web lionesiaku.com, boleh juga dikunjungi sobat buat nambah referensi literasi gitu.

 

 

Penulis: Redaksi Lionesiaku.com