Pimpinan DPR Sebut Rapat Paripurna Hari Ini Tidak Membahas RUU HIP dan Omnibus Law RUU Cipta Kerja

Lionesiaku-DPR RI menggelar rapat paripurna penutupan masa sidang IV tahun 2019-2020.Rapat digelar di ruang rapat paripurna gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (16/7/2020), dan diikuti anggota secara fisik dan virtual.

Agenda rapat paripurna penutupan masa sidang hari ini sebelumnya telah diputuskan dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR pada Rabu (15/7) kemarin. Agenda paripurna hari ini yaitu:

1. Laporan Komisi XI DPR RI terhadap Hasil Uji Kepatutan dan Kelayakan atas Calon Deputi Gubernur Bank Indonesia Periode 2020-2025, dilanjutkan dengan pengambilan keputusan.
2. Laporan Komisi VI DPR RI atas Penetapan Pemberian Pertimbangan terhadap Calon Anggota Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) periode 2020-2023, dilanjutkan dengan pengambilan keputusan.
3. Penyampaian Rancangan Undang-Undang tentang Pertanggungjawaban atas Pelaksanaan APBN (P2APBN) TA 2019 oleh Pemerintah.
4. Laporan Badan Legislasi terhadap Hasil Evaluasi Prolegnas RUU Prioritas tahun 2020, dilanjutkan dengan pengambilan keputusan.
5. Pidato Ketua DPR RI Penutupan Masa Persidangan V Tahun Sidang 2019-2020.

Wakil ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyebut agenda rapat paripurna hari ini sesuai dengan kesepakatan Bamus DPR. Dia menegaskan tak ada pengesahan kedua RUU yang menuai kecaman dari publik yaitu RUU Haluan Ideologi Pancasila dan RUU Cipta Lapangan Kerja.

“kami tadi telah mendampingi pimpinan Baleg, kami yakinkan bahwa hari ini tidak ada (pengesahan) RUU tersebut”

Ia menyebut adanya kesalahan dalam memperoleh informasi akan adanya pengesahan RUU HIP dan RUU Cipta Kerja sehingga massa demonstrasi sudah mendatangi gedung DPR sejak malam kemarin.

Mungkin Anda Menyukai