Kondisi Kehidupan Sosial di Tengah Pandemik Covid-19

“Melawan musuh yang tak terlihat

Bagaikan menangkap ikan kecil di

Dalam air yang keruh”

Covid-19 adalah virus yang sangat kecil dan sangat cepat penularannya dari orang yang satu ke orang yang lainnya, sehingga menjadi suatu permasalahan di setiap negara yang saat ini telah terjangkit oleh virus tersebut, manusia di seluruh belahan bumi ini ketakutan terhadap penyebaran dan dampak dari virus corona in, setiap orang salin menjaga jarak, menggunakan masker, dan melakukan pola hidup sehat untuk saling melindungi satu sama lain dan demi memutuskan rantai penyebaran covid-19.

     Virus ini bukan hanya mengancam nyawa manusia dan perekonomian di setiap negara saja, tetapi juga mengancam kehidupan sosial politik dalam suatu negara yang terjangkit. Kehidupan sosial saat ini di tengah penyebaran pandemic covid-19 sangat terlihat dampaknya dalam kehidupan sosial kita sekarang ini. Semua kalangan ketakutan, baik itu mulai dari kalangan para pejabat, para ustadz, para pelajar sampai kepada kalangan pereman pun merasa terancam, baik dari segi kesehatan, kehidupan sosial, pendidikanm maupun perekonomian. Bahkan saat ini komunikasi di antara orang yang satu dengan yang lainnya sangat jauh perubahannya dari yang sebelumnya, yang dulunya kebabasan berkomunikasi secara langsung atau komunikasi tatap muka secara langsung, saling menyapa dan bejabat tangan, bersatu dalam menyelesaikan persoalan dengan bahu membahu, kerja sama yang baik secara langsung, namun sekarang akibat dari covid-19 ini, semuanya berubah yang dulunya bersatu kita selamat, sekarang ini jaga jarak kita selamat. Dan juga kehidupan sosial kita saat ini sangat bergantung oleh tekhnologi sebagai wadah komunikasi di tengah pandemic yang entah kapan ]akan berakhir. Begitupun halnya dengan kondisi kehidupan politik kita, banyak orang berkata bahwa ‘’pemerintah jangan mencampuradukkan politik dengan kasus covid-19 ini, ini bukan saatnya berpolitik” itulah kata-kata yang sering keluar karena kekhawatiran masyarakat tentang kondisi hari yang entah kapan ada strategi penyelesainnya secara jelas.

     Apakah negara tidak boleh berpolitik dalam menyelesaikan wabah covid-19 ini? Menurut saya negara tidak bisa lepas dari yang namanya politik, baik itu dalam penanganan masalah ekonomi, pendidikan, kehidupan sosial maupun masalah kesehatan. Negara harus tetap berpolitk untuk menghasilkan suatu kebijakan yang baik, atau dengan kata lain negara harus tetap berpolitk untuk minciptakan vaksin yang baik untuk negara dan rakyatnya, agar kondisi sosial dalam suatu negara bisa kembali pulih seperti semula. Walaupun mungkin akan ada perubahan besar terjadi dalam kehidupan sosial setelah pandemic ini berakhir.

     Bahkan saat ini semua kegiatan atau aktivitas yang dulunya dilakukan diluar rumah, di kantor, di sekolah, di kampus dan di tempat-tempat kerja lainnya, dialihkan atau di pindahkan ke rumah masing-masing, bahkan peroses ibadah di tempat-tempat ibdah di alihkan kerumah masing-masing untuk mengurangi atau memutuskan rantai penyebaran wabah covid-19 yang sangat cepat penyebaran dan penularannya melalui orang yang satu ke orang yang lainnya. Oleh karenanya kita membutuhkan yang baik dan sejalan dari pusat maupun daerah untuk melawan pandemic ini dengan kerja sama yang baik dari semua system yang ada dalam suatu negara. Di Indonesia sekarang sudah sangat nampak jelas perubahan sosial yang terjadi, dengan adanya kebijakan pemerintah tentang new normal, hal ini dilakukan pemerintah untuk menyelamatkan perekonmian yang sudah mulai krisis akibat dampak wabah virus corona ini.

 

 

 

 

Penulis: M Teguh Setyadi Bahtiar, Mahasiswa UIN Alauddin Makassar

Mungkin Anda Menyukai