Lee Min-ho dan Mahasiswa Halu

Baru baru  ini viral foto Lee Min-ho mengenakan almamater Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.  Lee Min-ho dikenal sebagai salah satu aktor terpopuler dari Korea Selatan dan termasuk salah satu aktor yang sangat berjasa dalam menyebarkan film Hallyu Wave ke berbagai penjuru Asia, bahkan dunia. Berkat perannya di flm Boys Over Flowers (2009), membuatnya berhasil meraih Best New Actor di Baeksang Arts Awards pada tahun 2009.

Dengan beredarnya foto Lee Min-ho di beranda story whatsapp saya yang memakai almamater itu, membuat Ke’halu’an  tak bisa dihindari oleh mahasiswa UINAM,  terutama perempuan. ada yang mengatakan junior,  mahasiswa baru, auto rajin ke kampus,  bahkan ada juga laki-laki yang mengatakan mirip dengannya dan lain sebagainya.  Lee Min-ho kuliah di UINAM? Sungguh kehaluan ini sontak membuat naik alis saya sebelah, sungguh ke’halu’an ini benar-benar menyiksaku, hehe.

Defenisi Halu

Istilah halu sangat tidak asing lagi di telinga kita, terkhusus anak muda zaman now. Saking populernya, kata halu dijadikan judul lagu yang dinyanyikan oleh Febri Putri NC. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang menginginkan sesuatu yang sulit atau mustahil dicapai.

Halu merupakan salah satu istilah populer sejak tahun 2019. Istilah kata halu sebenarnya singkatan dari kata halusinasi. Halusinasi merupakan suatu sensasi yang diciptakan pikiran seseorang tanpa adanya sumber wujud yang jelas atau nyata. Gangguan ini dapat memengaruhi lima panca indra. Manusia dianggap berhalusinasi ketika dia melihat, merasa mendengar atau mencium sesuatu yang sebenarnya tidak ada wujudnya. Hal hal ini hanya berada dalam pikiran mereka saja. Sehingga hal ini membuat orang yang berhalusinasi memungkinkan untuk mempunyai prilaku yang menyimpang.

Bahaya Halu

Ternyata, berhalusinasi sangat berbahaya. Halusinasi termasuk dalam penyakit mental yang meliputi skizofrenia, demensia, delirium dan lain-lain.

Skizofrenia adalah gangguan mental yang terjadi dalam jangka panjang. Gangguan ini menyebabkan penderitanya mengalami halusinasi, delusi atau waham, kekacauan berpikir, dan perubahan perilaku. Gejala tersebut merupakan gejala dari psikosis, yaitu kondisi di mana penderitanya kesulitan membedakan kenyataan dengan pikirannya sendiri.

Demensia atau dementia adalah penyakit yang mengakibatkan penurunan daya ingat dan cara berpikir. Kondisi ini berdampak pada gaya hidup, kemampuan bersosialisasi, hingga aktivitas sehari-hari penderitanya. Demensia disebabkan oleh rusaknya sel saraf dan hubungan antar saraf pada otak.

Delirium adalah gangguan mental serius yang menyebabkan penderita mengalami kebingungan parah dan berkurangnya kesadaran terhadap lingkungan sekitar. Gangguan mental tersebut disebabkan perubahan yang cepat dalam fungsi otak yang terjadi bersamaan dengan penyakit mental atau fisik. Akibatnya, penderita delirium mengalami kesulitan dalam berpikir, mengingat, berkonsentrasi, atau tidur. Kondisi delirium dapat menakutkan bagi penderita dan orang-orang di sekelilingnya. Delirium biasanya bersifat sementara dengan mengendalikan penyebab serta pemicunya.

Berhentilah Halu

Foto Le Min Ho mengenakan almamater UINAM, adalah satu contoh kehaluan yang tentunya ada lagi halu halu lain yang biasa kita lakukan. Halusinasi termasuk penyakit gangguan mental, kalau kita tidak berhenti halu maka sama saja kita sengaja terkena penyakit mental. Kembali realistis! Lagian, mana ada Lee Min-ho kuliah di kampus kita, hehe.

Untuk mahasiswa akhir yang ikut ikutan halu, mending kalian pikirkan nasib skripsi kalian yang sulit diselesaikan karena berbagai macam kendala, karena pandemi Covid-19 misalnya. Atau untuk seluruh mahasiwa, mending kita diskusi mengenai kebijakan kampus yang tidak memihak mahasiswa, misalnya pembayaran UKT yang seharus di gratiskan di musim pandemi, janji kuota internet yang belum diaminkan, dan lain lain.

Penulis: Wirajuddin, Merupakan Mahasiswa UIN Alauddin Makassar

Mungkin Anda Menyukai